Friday, March 16, 2018

Review Jurnal Sistem Informasi Manajemen

Jurnal Manajemen Sistem Informasi 
Vol 1 No. 1, September 2016
ISSN : 2540-8011
Sukron Amin dan Kondar Siahaan

Link Download Jurnal

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ARSIP BERBASIS WEB PADA SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) KABUBATEN TEBO
Komputer merupakan teknologi yang dapat membantu meringankan pekerjaan kita sehari-hari. Termasuk untuk membantu pendataan dan pengarsipan surat-surat di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Namun saat ini, kampus tersebut belum sepenuhnya menerapkan sistem manajemen berbasis Komputer. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya penggunaan aplikasi Microsoft Office untuk mendata arsip-arsip kampus. Sehingga, para staff tata usaha sering kali kesulitan untuk menemukan arsip-arsip yang telah lama. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan prototype sebagai solusi untuk mengatur arsip dengan berbasis web sehingga pekerjaan para staff tata usaha lebih mudah dan cepat.
Analisis sistem yang sedang berjalan saat ini masih menggunakan sistem pengarsipan bindex yang kemudian disimpan didalam ruang arsip, sedangkan kebutuhan fungsional sistem yang dibutuhkan kampus tersebut adalah sebuah sistem komputerisasi dengan aplikasi e-arsip berbasis web yang mampu diakses secara elektronik dan disimpan kedalam suatu database.
Aplikasi e-arsip yang dirancang tersebut diharapkan memiliki beberapa poin berikut : usability, functionality, security dan flexibility. Rancangan sistem yang diterapkan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) diharapkan mampu menyediakan informasi bagi user mengenai pencarian data dan peminjaman dokumen, yang pada akhirnya dapat membantu meringankan kinerja staff prodi dalam mengola data.
Tahap ini dilakukan untuk mempersiapkan proses perancangan sistem yang diinginkan dan untuk menggambarkan secara jelas proses-proses atau prosedur-prosedur yang terdapat didalam sistem sesuai dengan metode pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan Object Oriented yang dalam menggambarkan seluruh proses dan objeknya menggunakan UML (Unified Modeling Language ), yaitu Diagram Use case, Diagram Class, dan DiagramActivity. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sistem yang diperlukan STIT Kabupaten Tebo dan untuk memberikan gambaran dan rancang bangun yang jelas kepada programmer.
Untuk merancang sistem e-arsip tersebut, menggunakan perancangan prototype sistem. Prototype sistem informasi manajemen arsip berbasis web tersebut diharapkan mampu menampilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan pengelolaan arsip dan peminjaman arsip. dengan demikian kinerja managemen kampus akan semakin mudah dan semakin maju.

No comments:

Post a Comment